Mari Berbagi Pengetahuan

Kamis, 22 Maret 2018

6 Tips Supaya Pompa Air Awet Dan Terhindar Dari Kerusakan

6 Tips Supaya Pompa Air Awet Dan Terhindar Dari Kerusakan

Bagi mereka yang menggunakan air tanah seperti sumur sebagai pasokan kebutuhan air sehari-hari pasti memerlukan pompa air untuk memudahkan pengaliran. Pompa air saat ini sudah banyak dijual dipasaran dan memiliki variasi serta merk yang berbeda-beda. Seringkali, saat pompa air digunakan dalam waktu yang lama, ada masanya mengalami masalah sehingga tidak bisa bekerja dengan baik seperti biasanya. Kalau sudah seperti ini, tentu repot karna otomatis suplai air jadi terganggu. Jika tidak memiliki keahlian dalam memperbaiki pompa air, tentu menggunakan jasa service pompa air dirasa lebih tepat. 

Sebenarnya, kita bisa melakukan perawatan sendiri terhadap pompa air agar awet digunakan dan tidak sering mengalami masalah, bagaimana caranya?!

1. Gunakan Pipa Yang Sesuai

Untuk aliran air dari sumber hingga sampai ke penampungan, selain diperlukan pompa air juga perlu pipa. Ada beberapa ukuran pipa yang bisa dipilih, namun yang paling baik adalah menggunakan pipa dengan ukuran yang sesuai dengan pompa air, selain itu sesuaikan pula panjang pipa dengan daya isap untuk membuat daya dorong pompa bekerja lebih mudah. Hal ini, tidak hanya akan memudahkan dalam pengaliran air tetapi juga dapat membuat awet mesin pompa.

2. Letakkan Pompa Air Ditempat Yang Tepat

Cara lainnya agar pompa air tidak mudah rusak ialah dengan meletakkannya pada tempat yang tepat. Usahakan untuk meletakkan pompa di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung dan genangan air untuk mencegah terjadinya korosi dan korsleting.

3. Gunakan Pelindung

Tidak ada salahnya jika melengkapi pompa air dengan pelindung misalnya berupa kotak kayu. Selain untuk memaksimalkan proteksi terhadap pompa air dari berbagai hal yang dapat merusak, juga agar terhindar dari kotoran debu, dengan begitu pompa air bisa jadi lebih awet dan bersih. Usahakan untuk membuat pelindung pompa air yang mudah untuk dibuka tutup.

4. Jangan Gunakan Saat Sumber Air Kering

Jika suatu saat sumber air kering misalnya pada saat musim kemarau, sebaiknya hindari untuk menggunakan pompa air atau menyalakannya. Mengoperasikan pompa air ketika sumber air kering justru bisa berdampak pada kemungkinan masuknya benda asing ke dalam mesin sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya kerusakan. 

5. Rubah Posisi Pompa Air

Ada saatnya kita mengalami musim hujan sehingga tidak jarang membuat sumber air menjadi naik permukaan airnya. Oleh karena itu, agar pompa air tidak terendam, ubah posisinya atau naikkan pompa air beberapa meter di atas permukaan air. Mesin pompa yang terendam dapat membuatnya mudah rusak dan dikhawatirkan dapat terjadi korsleting listrik.

6. Lakukan Cek Rutin

Jika memungkinkan, tidak ada salahnya melakukan cek rutin pompa air untuk mengetahui bagaimana keadaan mesin pompa serta bagian-bagian apa saja yang perlu diperbaiki atau diganti. Melakukan pencegahan kerusakan tentu jauh lebih baik daripada harus menunggu rusak terlebih dahulu bukan?!

0 komentar:

Posting Komentar

© Catatan Digital Fuji, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena