Mari Berbagi Pengetahuan

Senin, 18 Februari 2019

6 Hal Wajib yang Harus Dipikirkan Sebelum Membeli Mobil

6 Hal Wajib yang Harus Dipikirkan Sebelum Membeli Mobil

Ada sebagian orang yang beranggapan jika seseorang yang memiliki mobil pribadi tentu memiliki tingkat kemapanan yang tinggi. Memang penilaian tersebut ada benarnya karena harga mobil yang termasuk mahal. Namun hal tersebut jangan sampai membuat Anda jadi memaksakan diri untuk membelinya. Karena Anda bisa membeli mobil dengan spesifikasi berkualitas namun harga bersahabat yaitu mobil New Avanza

Ada banyak cara untuk memiliki sebuah mobil, bisa membelinya secara kredit atau memilih untuk membeli mobil bekas. Terlepas dari itu semua, ada beberapa hal lain yang wajib dipikirkan ketika Anda akan membeli mobil. Nah, apa sajakah itu? Berikut ini daftarnya :

1.Tempat parkir kendaraan di rumah

Sebelum membeli mobil, Anda perlu menyiapkan tempat parkir kendaraan di rumah. Apalagi memarkir mobil ini perlu lebih hati-hati karena ukurannya yang lebih besar jika dibandingkan dengan motor. Jika diparkir sembarangan, juga bisa meningkatkan resiko kecurian dan kerusakan yang besar. Maka dari itu, Anda perlu memikirkan apakah harus memperluas rumah untuk menambah garasi mobil.

2.Biaya parkir

Saat ini tarif parkir semakin meningkat, apalagi di kota-kota besar. Misalnya untuk harga parkir di Jakarta dikenai tarif per jamnya 4 ribu rupiah. Jika Anda mengendarai mobil ke kantor tentu harus menyiapkan budget lebih untuk biaya parkir setiap harinya.

3.Biaya bensin dan tol

Seperti yang diketahui, biaya bahan bakar menjadi hal utama dalam anggaran biaya kendaraan. Nah agar Anda tidak menghabiskan banyak budget untuk bahan bakar ini, pilihlah mobil yang irit bahan bakar, misalnya New Avanza. Jika Anda terjebak macet dan menghabiskan banyak bahan bakar di perjalanan, Anda tidak akan menyesal karena sudah memilih mobil yang irit bahan bakar.
Sedangkan untuk jalan tol, memang kebanyakan orang-orang akan memilih jalan tol sebagai alternatif mereka agar tidak terkena macet. Anda juga perlu menyiapkan budget lebih untuk membayar biaya tol. Jika tidak ingin menghabiskan banyak budget untuk tol, Anda bisa memilih untuk bersabar menghadapi kemacetan di jalan biasa.

4.Biaya servis

Jika Anda ingin memiliki mobil yang selalu dalam kondisi fit dan nyaman dipakai, tentu perlu melakukan servis mobil secara rutin. Ada 2 tipe servis yaitu servis berkala dan tambahan jika tiba-tiba mobil bermasalah. Biaya dari servis ini juga beraneka ragam, bisa terjangkau ada juga yang mahal, tergantung pada seberapa parah kerusakan yang harus diservis.

5.Biaya pajak STNK tahunan

Tentunya Anda wajib menjadi pengendara yang taat dengan membayar pajak STNK. Mobil agar bisa dikendarai dengan resmi juga perlu memiliki STNK sebagai identitas mobil. Nah, setiap tahunnya Anda wajib untuk membayar pajak agar mobil bisa digunakan dan bisa dengan mudah memperpanjang surat STNK. Biaya pajaknya bervariasi tergantung jenis dan tahun mobil.

6.Biaya pembuatan dan perpanjangan SIM A

Agar Anda bisa dengan tenang mengendarai mobil, perlu yang namanya memiliki surat izin mengemudi (SIM). Surat ini menjadi tanda jika Anda sudah cukup umur dan bisa mengendarai kendaraan. Untuk pengendara mobil, SIM yang wajib dimiliki adalah SIM A. Untuk mendapatkannya Anda perlu membayar biaya pembuatan SIM dan harus diperpanjang setiap 5 tahun sekali.

Demikian beberapa hal yang perlu dipikirkan dan dipersiapkan sebelum membeli mobil. Jika Anda sudah siap dengan semua hal tersebut, setidaknya ini menjadi tolok ukur bahwa Anda siap untuk membeli mobil sesuai keinginan. Salah satu rekomendasi mobil untuk keluarga yang berkualitas adalah mobil New Avanza. Anda bisa menikmati perjalanan bersama dengan keluarga menggunakan mobil tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar

© Catatan Digital Fuji, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena