Mari Berbagi Pengetahuan

Kamis, 11 April 2019

Tips Pilih Sabun Anti Bakteri Sesuai Jenis Kulit

Tips Pilih Sabun Anti Bakteri Sesuai Jenis Kulit

Sabun mandi merupakan salah satu kebutuhan harian yang penting. Benda ini biasa digunakan untuk membantu membersihkan kulit dari kotoran, kuman, dan minyak yang menempel pada tubuh akibat aktivitas fisik sehari-hari. 

Namun saat ini, memilih sabun anti bakteri tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini dipengaruhi oleh ketersediaan beragam jenis, aroma, dan kandungan sabun mandi yang dijual di pasaran.

Saat sedang stres, mandi air hangat dengan sabun favorit bisa menjadi salah satu cara agar bisa lebih relaks. Sabun dengan aroma yang sesuai juga dapat membantu meningkatkan mood. Meski demikian, jangan memilih sabun hanya berdasarkan aroma nya saja.

Semua orang ingin memiliki kulit bersih, segar, dan nyaman setiap habis mandi. Untuk meraih tujuan ini, Kamu perlu memilih sabun perawatan tubuh yang sesuai dengan jenis kulit.

Tips memilih sabun anti bakteri sesuai jenis kulit

Kulit sensitif

Jenis kulit sensitif memang bisa dibilang sedikit susah untuk masalah perawatan. Apabila salah memilih sabun bisa-bisa kulit akan mengalami iritasi. Untuk mencegah timbulnya iritasi alangkah baiknya Kamu yang memang memiliki kulit sensitif menggunakan sabun mandi yang tidak mengandung pewarna dan parfum. Dan juga pastikan sabun yang Kamu pilih memiliki kandungan tingkat pH yang seimbang.

Kamu juga dapat mencari sabun yang mengandung bahan-bahan organik. Karena sabun yang memiliki bahan-bahan organik cenderung tidak memiliki bahan pengawet untuk mengurangi efek samping yang buruk bagi kulit Kamu.

Akan tetapi, tidak semua kandungan dalam sabun khusus kulit sensitif cocok untuk Kamu. Karena jenis kulit orang berbeda-beda, walaupun sudah banyak sabun untuk kulit sensitif beredar di pasaran, tapi tidak menjamin sabun tersebut langsung cocok untuk kulit Kamu. Apabila Kamu ragu, cara terbaik adalah dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit.

Kulit berminyak

Memiliki kulit berminyak memang sebuah masalah yang tiada akhir jika tidak ditangani dengan tepat. Karena kulit berminyak membuat make up mudah luntur, rentan berjerawat, bahkan jadi ingin mandi setiap saat karena merasa badan lengket dan berminyak.

Jika Kamu memiliki kulit jenis ini, Kamu bisa menggunakan sabun anti bakteri berbahan lembut seperti gliserin. Selain itu, pilihlah produk sabun yang tidak mengandung bahan kimia dan detergen untuk menghindari iritasi dan minyak berlebih. Jangan lupa memakai sabun mandi yang berlabel oil-free yang merupakan pilihan yang baik untuk membersihkan kulit berminyak.

Kulit kering

Apabila Kamu salah satu orang yang memiliki jenis kulit kulit kering, pastikan bahan dalam sabun mandi yang Kamu pilih mengandung pelembap. Kamu bisa memilih sabun yang mengandung gliserin. Gliserin memiliki khasiat pelembap dan bisa menyerap air yang ada di udara. Nah, kandungan tersebut akan membuat kulit Kamu lembab untuk waktu yang lebih lama.

Hindari juga pemakaian sabun berbahan deterjen atau anti bakteri, kedua bahan ini dapat mengiritasi kulit sehingga kulit cenderung meradang dan dapat mengurangi produksi minyak alami di kulit.

Kulit kombinasi

Karena terdiri atas kulit kering dan berminyak, kulit kombinasi harus dibersihkan secara khusus dengan menggunakan produk yang berbeda-beda. Gunakan pembersih yang lembut dan mengandung sedikit bahan kimia.

Pada area yang kering, Kamu perlu menggunakan pelembap, sementara itu Kamu memerlukan sabun pembersih yang mengandung benzoyl peroxide pada area kulit berminyak untuk mencegah peradangan atau kemunculan jerawat di dada, punggung, atau bagian tubuh lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

© Catatan Digital Fuji, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena